Desa Lemukih

Air Terjun

Air terjun Lemukih belum banyak dikenal wisatawan.  Air terjun ini terdiri dari tiga buah air terjun dengan jarak tidak terlalu jauh satu dengan yang lain. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan air terjun lainnya di Bali utara. Namun debit air yang mengalir sepanjang tahun dari sumber air pegunungan membuat air terjun ini menjadi sangat jernih, sejuk dan segar. Perkebunan kopi dan cengkeh di sekitar air terjun di tambah dengan udara yang bersih memberikan kesegaran tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan dapat berenang di kolam yang dangkal dan luas di bawah air terjun ini. 

Air Terjun Lemukih

Sumber: http://wisata.balitoursclub.com/air-terjun-lembah-lemukih

Air terjun ini belum dikelola secara profesional sehingga belum ada papan petunjuk menuju ke lokasi meskipun dari jalan raya hanya sekitar 200-300meter dan dengan jalan akses yang cukup landai. Oleh karena itu, wisatawan harus bertanya pada penduduk setempat lokasi menuju ke air terjun ini. 

Air terjun ini terletak di Desa Lemukih yaitu sekitar 78 km dari kota Denpasar. Lokasi ini terletak tidak jauh dari objek wisata Bedugul.  Setelah melewati bedugul, teruskan perjalanan menuju ke kota Singaraja. Sekitar 10km dari bedugul terdapat pertigaan, berbeloklah ke kanan jalan memasuki pertigaan tersebut sepanjang 12 km. berhati-hatilah saat berkendara karena kondisi jalan  berkelok kelok dan jalan yang cukup sempit. Sampai di papan nama Desa Lemukih, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 200m. jalan menuju ke air terjun cukup mudah dan kesegaran air terjun bisa dirasakan menggantikan lelah perjalanan menuju ke lokasi ini. 

Video tentang Pesona Alam Desa Lemukih dapat ditonton pada tautan ini: