Desa Pemuteran

Daya Tarik Taman Laut Pemuteran

Desa Pemuteran berada di Bali Utara tepatnya di Kecamatan Gerokgak. Dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Pelabuhan Gilimanuk atau 3 jam  perjalanan dari Kota Denpasar. Desa ini berdekatan dengan TNBB, Pura Pulaki dan Pulau Menjangan.  Photo….menunjukkan lokasi Desa Pemuteran di Pulau Bali. Simbol berwana merah putih menunjukkan lokasi-lokasi diving di Bali yang direkomendasikan untuk wisatawan pencinta diving. Taman laut Desa pemuteran adalah surga bagi wisatawan yang menyukai aktivitas diving and snorkling.  Di Taman laut ini, sekitar delapan  puluh jenis terumbu karang dengan ratusan spesies ikan, tumbuh subur di lahan 2,5 hektar laut Pemuteran. Surga bawah laut ini di dibangun dengan teknologi biorock. Teknik biorock ini membantu pertumbuhan karang limasampai delapan kali lebih cepat dari pertumbuhan normal. Hasil konservasi laut pemuteran, kini sudah terlihat jelas, sebuah surga laut yang indah. 

C:\Users\s3730296\Downloads\PICT0242.JPG

Photo ini diambil disalah satu titik lokasi taman laut Pemuteran yang keindahannya sulit diungkapkan dengan kata-kata. Ada aura spiritual dipancarkan oleh patung  Dewa yang ditumbuhi karang berwarna-warni dikelilingi ikan ratusan ikan hias.  Benar-benar seperti di surga taman laut.

Taman bawah laut ini sukses di bangun atas konsep community based tourism yang diimplementasikan dengan baik. Pembangunan kepariwisataan yang melibatkan partisipasi masyarakat lokal yang menyebabkan pariwisata di desa ini menjadi berkembang. Di prakarsai oleh Bapak Prana Lewat sebuah yayasan bernama Yayasan Karang Lestari. Berkat kegigihan, kerja keras dan kerjasama semua pihak, Taman laut Pemutean telah mendapat banyak perhargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Keberhasilan ini membawa Desa Pemuteran memperoleh penghargaan The Equator Prize dan UNDP Special award dari United Nations Development Programme. Desa Pemuteran juga pernah menerima penghargaan lingkungan Kalpataru pada tahun 2005.

Untuk melakukan diving dan snorkeling, wisatawan dapat dengan mudah menyewa peralatannya di sekitar pantai Desa Pemuteran. Bagi wisatawan pemula, wajib mengikuti kursus singkat diving untuk alasan keamanan dan keselamatan. Sedangkan bagi wisatawan yang sudah memiliki sertifikat diving dapat langsung menyewa peralatan diving saja dan menyelam  tanpa ditemani instruktur. 

Selain diving dan snorkling, duduk di tepi pantai sambil membaca buku, rileks bersama keluarga atau teman  juga menjadi aktivitas favorit wisatawan. 

Pantai yang bersih, ombak yang tenang, semilir angin di bawah pohon yang sejuk adalah faktor pendukung lainnya yang menyebabkan wisatawan betah berlama-lama di Desa Pemuteran. Wisatawan dapat menikmati liburannya dengan tenang dan nyaman tanpa di ganggu oleh pedagang souvenir atau tukang massage yang biasanya terdapat di daerah lain. Harga akomodasi, makanan dan minuman di restoran juga cukup terjangkau. 

Sejarah Taman Laut Pemuteran

Sejarah Desa Pemuteran belum banyak di tulis dan di bahas dengan gamblang. Dalam website pemerintah Kabupaten Buleleng, di perkirakan nama Desa Pemuteran  berasal dari nama Pura yang berada di lokasi desa yang bernama “Pura Mutering Jagat atau Pura Pemuteran” (http://gerokgak.bulelengkab.go.id/?sik=kantor&bid=7565da30a5e4ffe80787f6bc6c697b15). 

Sedangkan sejarah perkembangan pariwisata di Desa Pemuteran sendiri bisa dikatakan mulai di tahun 1987 di prakarsai oleh tokoh pariwisata Bali bernama  I Gusti Agung Prana. Dengan intuisi bisnis dan petunjuk spiritual yang beliau miliki saat itu, sebuah resort di bangun diatas 7 hektar tanah yang gersang dan tandus. Pada saat  itu, tidak ada listrik, air dan fasilitas penunjang seperti sekarang. Angin ribut sering terjadi menghamburkan tanah dan pasir di sekitarnya. Namun pesan spiritual yang Beliau dapatkan dari mimpi 

“Uang yang di dalam lautan itu, jangan kau biarkan berkarat”,  bila kau kebingungan dan dalam keragu-raguan datanglah padaku. Aku di sana sosok itu menunjuk laut yang terhampar di muka Prana, dan terdengar lagi petunjuk suci; “Andai kau ingin berkonsultasi, pergilah engkau ke sana, ke Pura Segara”.  (http://www.tokoh.web.id/PRANA2C+I+GST+AGUNG).

Beliau kemudian meyakini bahwa lautan adalah kekayaan yang harus dijaga. Dengan pendekatan spiritual juga beliau mengajak masyarakat dan tokoh masyarakat di Desa Pemuteran untuk membangun desanya. Diawali dengan:

  • Merehabilitasi lahan dengan cara menanam pohon, membuat taman bunga yang indah dan tata ruang dan lahan yang diperuntukkan untuk kegiatan pariwisata
  • Mendekati masyarakat dan nelayan untuk stop mengerusakan terumbu karang dan pengeboman ikan. Kemudian memperkenalkan cara memelihara terumbu karang dengan sistem biorock dan menangkap ikan dengan cara tradisional (tanpa bom)
  • Membangun kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi memelihara lingkungan alam di darat dan di laut. 

Ketulusan dan kerja keras  Bapak Agung Prana yang di dukung sepenuhnya oleh masyarakat Desa pemuteran  telah membuahkan hasil. Desa pemuteran menjadi surga pariwisata diving yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa dan sekitarnya.  

Ada banyak fasilitas wisata di Desa Pemuteran, dari homestay sampai  hotel berbintang lima. Beberapa dive center, restoran, money changer dan mini market untuk membeli keperluan selama berwisata. 

Jika ingin menginap di Desa Pemuteran dan sekitarnya dapat menghubungi hotel-hotel dibawah ini:

  1. Matahari beach resort (bintang 5), Desa Pemuteran, telp 62-362-92312, website: http://www.matahari-beach-resort.com 
  2. Taman Selini (hotel melati III), Desa Pemuteran, Telp/fax 62-362-93449, website: http://www.tamanselini.com/ 
  3. Taman Sari Beach cottages (hotel melati III), Desa Pemuteran, telp/fax 62-362-93264, website: http://www.balitamansari.com/cottages-loc.htm 
  4. Pondok Sari (hotel melati III),Desa Pemuteran, 62-362-29337, website: http://pondoksaribungalow.com/ 
  5. Amerta Bali, Desa Pemuteran (hotel melati III), Desa Pemuteran, 62-362, 93264, website: http://www.amerthabalivillas.com/ 
  6. Puri Ganesha Bali, (hotel melati III) Desa Pemuteran, website: http://baliwww.com/puriganesha/index.htm 
  7. Waka Shorea (hotel melati III), Desa Sumber Kelampok, Telp.62-362-94666, website: http://www.wakaexperience.com/waka_shorea.htm 
  8.  Aneka Bagus Resort (hotel melati III), Desa Gerokgak, Telp.62-362-94798,website: http://www.anekahotels.com/aneka-bagus/home.html 
  9. The Gawana Menjangan Bay, (hotel melati III), Desa Pejarakan, telp. 62-362-94598, website: http://www.gawananovus.com/ 

Informasi lebih lanjut mengenai diving di Desa Pemuteran dapat diakses dibeberapa website, antara lain:

  1. Sea Rovers Dive Centre : Pemuteran, Bali, Owner: Paul M Turley & Kerry Keene. Address : Pemuteran, gerokgak.81155. Singaraja. Website: www.searovers.net.
  2. Easy divers  Bali: Pemuteran/Bali. Owner : Dusan & Jana Repic. www.easy-divers.au.
  3. Reef Seen Aquatics. Owner: Chris Brown. Desa Pemuteran 81155. www.reefseen.com
  4. http://www.dive-centers.net/dive_center_9417-north_bali_divecenter.html
  5. http://www.dive-centers.net/dive_center_6864-werner_lau_bali_pondok_sari.html