Desa Sekumpul

Daya Tarik Air Terjun Sekumpul

Air terjun Sekumpul terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Untuk menuju obyek wisata ini, para wisatawan akan menempuh waktu 3 jam dari kota Denpasar dan 30 menit dari kota Singaraja, perjalanan itu pun dapat di tempuh oleh transportasi darat apa saja karena aksesibilitas jalan yang sudah bagus. Ketika para wisatawan berkunjung ke air terjun sekumpul ini, sekelompok pemandu lokal akan mengarahkan para pengunjung ke tempat parkir lalu akan ditawarkan jasa pemandu wisata ke air terjun. Untuk sekali pelayanan jasa pemandu, akan dikenakan biaya 30.000/ guide dan pengunjung tidak harus menggunakan jasa pemandu jika ingin mengexplorasi sendiri. Jarak tempuh dari tempat parkir menuju ticket loket kurang lebih 600 sampai 700 meters dan dari ticket loket menuju air terjun harus menempuh jarak kira-kira 700 meters lagi dengan melewati ratusan anak tangga yang cukup curam.

Air terjun sekumpul sangat unik dibandingkan dengan air terjun lainnya karena terdiri dari  tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan, yang bisa dilihat dari bale bengong. Air terjun sekumpul juga terkenal dengan sebutan Seven Points Waterfall. Ketujuh air terjun ini memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda dan dikelilingi hutan dan perkebunan cengkeh yang sejuk dan segar. 

Copy of 19

Wisatawan sebaiknya menggunakan celana pendek karena untuk mencapai lokasi harus menyusuri dan menyebrangi sungai.  Selain itu,  wajib menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman untuk trekking karena untuk mendekati Air terjun Sekumpul harus menuruni banyak anak tangga yang curam.  Dari parkir utama, harus melewati jalan setapak kurang lebih 700 meter untuk mencapai Air Terjun. Suasana pedesaan, pemandangan sawah dan perbukitan hijau serta hawa yang sejuk tidak akan membuat wisatawan lelah mencapai lokasi air terjun. 

Dengan volume air yang deras sepanjang tahun dan kolam besar di bawah air terjun memungkinkan pengunjung untuk berenang dan menikmati keceriaan di tempat ini. Atraksi alam lainnya adalah pemandangan persawahan dan suasana pedesaan yang benar-benar memberikan gambaran mengenai kehidupan masyarakat Bali sehari-hari.