Lovina

Daya Tarik Pantai Lovina 

Daya Tarik Wisata Alam

Pantai Lovina merupakan daerah tujuan wisata yang berada di Desa Kalibukbuk, kurang lebih 2-3 kilometer di sebelah Barat kota Singaraja. Untuk menuju pantai Lovina bisa dengan menggunakan kendaraan apapun, mulai dari sepeda, motor, mobil hingga bus pariwisata.

Lovina didirikan pada tahun 1953. Menurut Panji Tisna, Lovina memiliki makna filosofis, campuran dua suku kata “Love” dan “Ina”. Kata “Love” dari bahasa Inggris berarti kasih yang tulus dan “Ina” dari bahasa Bali atau bahasa daerah yang berarti “ibu”. Menurut penggagasnya, Anak Agung Panji Tisna, arti “Lovina” adalah “Cinta Ibu” atau arti luhurnya adalah “Cinta Ibu Pertiwi”. Sumber lain mengatakan bahwa arti nama Lovina “Love” dan “Ina” yang diartikan sebagai Love Indonesia. Istilah “INA” adalah singkatan untuk kontingen atau rombongan atlet Indonesia untuk Asian Games 1963.

Lovina adalah kawasan wisata di Bali utara yang terkenal dengan dolphin watching tour atau tour melihat dolphin dengan menggunakan Jukung atau perahu tradisional Bali. Air laut yang tenang, pasir hitam dan pemandangan sunrise dan sunset yang fantastic menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tour melihat dolphin dikoordinir oleh organisasi pengantar dolphin yang terdiri dari nelayan lokal. Untuk bisa melihat dolphin, wisatawan harus bangun pagi-pagi karena tour biasanya dimulai jam 6 pagi. Sarapan di tengah laut bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Waktu dan harga tour karena bersifat seasonal, oleh karena itu sebaiknya di koordinasikan dengan guide local maupun hotel tempat menginap. 

100_2288

26012008(007)

Patung dolphin di Pantai Binaria Lovina  dan suasana sunset di pantai Lovina (Putu Indah Rahmawati, 2014)

Selain lumba-lumbanya, juga keindahan wisata bawah laut yang sangat indah. Banyak binatang-binatang dan tumbuhan laut yang berwarna-warni serta karang-karang laut yang dapat mengilaukan mata. Jenis-jenis ikan yang ada di bawah laut Lovina, diantaranya Anemonefishes, Syngnatidae, Scorpionfishes, Lionfish, Devil Ray, Manta Ray, berbagai macam Sea Urchins, Blue sea star, Lobster, Prawns, Caltrop Murex. Untuk menikmati keindahan tersebut para wiasatawan bisa berdiving maupun snorkling diberbagai Dive Shop yang ada di Lovina.

Video tentang keindahan Lovina dapat dilihat pada tautan di bawah ini: